Kamis, 25 Agustus 2016

Pakan Alternatif Murai Batu

Pada kehidupannya di alam liar, sebenarnya kroto tidaklah makanan utama untuk burung murai batu. Sepanjang ini kroto amat diprioritaskan pemberiannya pada burung murai batu. Kroto merupakan di antara makanan fresh untuk pemacu supaya burung murai batu rajin berkicau.

Image result for pakan murai batu

Sekarang ini kroto dapat diperoleh di pasaran dengan harga yang terus meningkat serta pada waktu spesifik kadang-kadang ketersediaannya amat sukar diperoleh, hingga butuh dipertimbangkan pakan alternatif pengganti kroto. Pakan alternatif burung murai batu tersebut yaitu : 

1. Jangkrik full tahu sebagai konsumsi bergizi tinggi untuk burung murai batu 

Jangkrik yaitu pakan yang telah jadi pakan harus untuk murai batu. Namun yang sangat utama yaitu bagaimana cara menghidangkan jangkrik yang penuh dengan konsumsi gizi, hingga jangkrik yang dimakan burung murai batu tidaklah jangkrik dengan perut kosong atau jangkrik kopong atau dengan kata lain, kita berikan makan jangkrik dengan tahu terlebih dulu sebelum saat jadi pakan murai batu.

Tahu sendiri terbuat berbahan basic kedelai yang pasti kandungan Vit. E nya yang tinggi. Cara ini praktis meskipun agak repot, caranya yaitu seperti berikut:Beli tahu putih, untuk karung jangkrik cukup 2 plastik tahu, taruh di baskom plastik lantas remas remas.
  • Taruh tahu di nampan atau di media yang lebar, bebas pokoke, gelar tidak tebal serta jemur dimatahari untuk menghilangkan kandungan air. 
  • Setekah 4 jam, taruh kembali tahu tersebut di baskom serta beri tambahan vit. E.... Remas remas lagi pastinya n vitaminnya dapat testomin atau vit. Infertilitas atau vit. Yang lain lah n janganlah lupa kasih garam untuk tambahan vit. D serta agar gurih pastinya heheheheheheh ). 
  • Gelar lagi di nampan serta angin anginkan n janganlah dijemur di area panas agar kandungan vitamine gak ilang. 
  • Sorenya taruh di piring kecil serta sajikan di baskom jangkrik kandang murai kita or di kotakan jangrik. 
  • Tes saja paginya, jangrik2 tersebut dah pada makan n perutnya penuh tahu yang full gizi. 

2. Telur bebek atau telur ayam 

Telur dapat jadi pakan alternatif untuk murai batu di waktu kroto langka di pasaran.
Cara bikin telur pengganti kroto yaitu seperti berikut:
  • 2 butir telur putihnya, butir telur kuningnya masukan ke plastik bening lantas kocok asal saja agar tidak jadi ngembang. 
  • Lantas rebus/kukus sampai masak serta sesudah dingin potong-potong sebesar ibu jari kita, lantas parut sama parut keju. 
  • Telur ini meyakini diperlukan sama peternak murai batu dikarenakan trotolan makannya lahap sama lahapnya dengan makan kroto aslinya. Istimewanya pakan telur ini yaitu, pada trotolan murai batu yang makan telur ini beraknya tidak mencret layaknya makan kroto aslinya. Insya alloh dampak positipnya bagus tanpa ada dampak negatipnya. 
  • Untuk murai batu dewasa, supaya akan makan siasati lewat cara : pakan waktu sore dikosongkan. Pagi s/d sedang hari kasih telur itu, bila ada kroto kasih sedikit saja di atasnya untuk pancingan.


Sumber: http://merawat-burung.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar