Selasa, 20 September 2016

Makanan Yang Baik Untuk Love Bird


Hal sangat penting yang harus dimengerti oleh seseorang yang merawat siburung warna indah tersebut, makanan memang menjadi hal yang paling penting dalam kelangsungan hidup makhluk hidup. Banyak kegunaan dari makanan yang dikonsumsi, sebagai enegri,pertumbuhan, dan berpengaruh terhadap reproduksi.
Makanan Pokok Lovebird

Dengan memberi asupan makanan lovebird yang baik dan benar maka hal ini menjaga agar lovebird selalu sehat, aktif, dan tidak mudah terserang penyakit. Sangat asik memang mempunyai binatang peliharaan, saya pribadi tidak pernah luput dari binatang peliharaan, yang berguna untuk melepas penat karena kerja seharian. Namun agar lovebird tetap selalu fit dan aktif berkicau makanan ini sangat berpengaruh terhadap aktif atau tidaknya brurung lovebird. Burung ini pada dasarnya merupakan jenis burung herbivora, karena memakan biji-bijian dan sayur-sayuran, namun terkadang dia juga membutuhkan asupan protein hewani seperti jangkrik kecil dan juga cacing, bahkan ada yang menyebutnya dia adalah jenis binatang omnivora.

Makanan lovebird yang baik tentunya akan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuhnya, dan menjadikannya selalu sehat dan juga panjang umur. Dan dengan makanan yang baik telah diporolehnya maka umurnya akan panjang karena selalu sehat, umur burung lovebird bisa mencapai lebih dari 10th. Tentunya hal ini sangat kita inginkan karena rasa sayang terhadap burung indah ini, Langsung saja simak ulasan tentang makanan dibawah in !

Biji-Bijian
Biji Kenari Sebagai Makanan Lovebird

Makanan yang satu ini adalah seperti halnya nasi sebagai makanan pokok untuk manusia dinegara tercinta kita yaitu Indonesia, dan lovebird sangat tidak bisa jika dengan waktu yang sangat lama tidak mengkonsumsi biji-bijian. Biji-biji sebagai makanan lovebird yang baik dapat kita berikan seperti ; campuran millet putih / merah , biji kenari dan ketan hitam sesuai komposisi. Untuk saya pribadi sebagai makanan pokok burung ini saya berikan kombinasi campuran seperti milet putih dan merah 75% dan sisanya dengan biji padi dan ketan merah. Ketan merah sangat bagus untuk menjaga kondisi tubunya agar tidak obesitas dan panjang umur.

Sayur-Sayuran
Sayur-Sayuran Sebagai Makanan Lovebird

Sayur yang dimaksud guna makanan lovebird adalah sayur segar, burung ini sangat menyukai untuk memakan buah apel, buah pir, buah anggur, sayur kangkung, sayur sawi putih.
Jagung Muda Sebagai Makanan Lovebird
Biji jagung muda dan sayuran lainnya juga bagus untuk asupan makanan burung lovebird. Namun untuk pemberian jangan sekali dengan memasukkan beraneka ragam sayuran didalam kandangnya, caranya berikan secara bergantian pada lain hari agar dia merasa hidup dialamnya untuk memakan macam-macam sayuran secara bergantian.

Makanan Tambahan
Jangkrik Sebagai Makanan Tambahan Lovebird

Dalam memberikan makanan tambahan untuk lovebird memang sangat bagus, dan sangat berguna untuk menjaganya dari stress yang menyerang, makanan tambahan bisa diberikan jangkrik kecil dan binatang yang kiranya tidak berbahaya lainnya. Namun untuk pemberian jangan diberikan terus menerus, karena seperti awal saya bahas, burung ini merupakan burung berjenis herbivora. Pemberian dapat kita berikan satu minggu sekali agar nutrisi protein ditubuhnya seimbang, jangan terlalu banyak cukup1-2 ekor saja itupun yang ukuran kecil. Pemberian yang kebanyakan akan membuat pencernaan lovebird terganggu dan akan menjadi tidak fit dan bisa mengakibatkan stress.

Minuman Lovebird
Foto Botol Minum Hamster

Untuk minuman berikan air bersih setiap satu hari sekali dipagi hari, karena burung ini juga tergolong burung yang cerdas, dia menggunakan air untuk minum dan juga digunakan untuk mandi. Untuk itu pergantian air minum dalam jangka satu hari sekali maka akan menjaga kejernihan dan kesehatan air minum, karena setelah dipai untuk mandi air akan menjadi keruh tidak jernih lagi.
Untuk wadah bisa digunakan wadah air minum seperti halnya burung lain, namun jangan salah burung ini dapat meminum air diwadah seperti tempat minum hamster karena lovebird termasuk burung yang cerdas.

Makanan Tambahan

Lovebird merupakan burung yang aktif dan cerdas, sehingga kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya juga banyak, jadi perlu diberikan makanan tambahan agar burung tetap dalam keadaaan nyaman didalam sangkar, dan dia akan aktif ngeroll. Makanan tambahan yang bagus untukmakanan lovebird adalah seperti:

  1. Asinan, Burung cantik ini juga memerlukan mengkonsumsi asinan untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuhnya. Asinan dapat diberikan berupa tulang sotong dan Anda dapat memberikannya dengan cara mengikat atau menggantungnya didalam sangkarnya.
 
Foto Asinan Tulang Sotong


        2. Extra Fooding, ini adalah makanan yang sangat bagus untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada burung lovebird, Extra Fooding dapat berupa bunga matahari, biji fumayin, biji kedelai, biji kacang merah dan biji kacang hijau. Biji-bijian ini mengandung protein yang seimbang untuk mencukupi kebutuhan protein nabati untuk burung lovebird. Dia sangat menykai biji-bijan yang saya sebutkan diatas, tentunya kandungan protein dan vitamin sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh agar selalu aktif dan ngeroll.

Biji Bunga Matahari Sebagai Makanan Tambahan Lovebird

Suplemen Dan Vitamin

Untuk suplemen dan vitamin untuk membuat lovebird agar selalu sehat dan berumur panjang dalam kandungan suplemen yang dikonsumsi harus mengandung vitamin,mineral,hormon,dan asam amino sangat berguna untuk merawat siburung cantik tersebut selalu fit. Dan suplemen yang biasa para penangkar  burung  berikan adalah buatan pabrikan, dan tentunya dapat dijumpai dikios pakan ternak terdekat Anda. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar