Kamis, 25 Agustus 2016

Jenis Perkutut dan Tuahnya

Tidak henti hentinya orang jawa selalu mempercayai perimbon – perimbon atau kisah jaman kerajaan yang konon perkutut adalah hewan jelmaan para pangeran majapahit.
Seperti contoh gambar dibawah ini adalah jenis burung bertuah jawa yang memiliki leher zebra tanpa putus di lehernya, menandakan jenis burung tersebut adalah daringan dan sangat langka. Menurut primbon jawa “barang siapa yang menemukan atau memelihara burung dengan berciri ciri loreng di lehernya tanpa putus, maka dia bersama pangeran majapahit dan akan dibawakan kebahagiaan kepada pemiliknya”.

Image result for garis leher tanpa putus perkutut
Garis Leher Tanpa Putuh - jenis perkutut bertuah

Burung perkutut di indonesia apalagi di jawa memang memiliki unsur gaib, maka dari itu warga asing selalu heran dengan orang jawa, karena jenis perkutut di negara asing merupakan burung yang dapat hidup mandiri tanpa bantuan manusia serta di lepas bebas.


5 Jenis Perkutut Bertuah Baik Bagi PemiliknyaBerikut di bawah ini adalah 5 jenis perkutut yang dipercaya dapat memberikan kebaikan kepada pemiliknya, yaitu :

1. Perkutut Katuranggan
Merupakan perkutut yang dapat memberikan kesenangan, kebahagian dan ketentraman kepada pemiliknya dan lingkungan keluarga yang dekat dengan burung katuranggan.

Ciri perkutut katuranggan ini adalah memiliki bunyi / suara yang berbeda pada umumnya. Untuk bentuk fisiknya sama persis dengan perkutut jawa pada lainnya

Image result for perkutut katuranggan
Perkutut Katuranggan - jenis perkutut bertuah


2. Perkutut Songgo Ratu
Perkutut songgo ratu adalah perkutut dari putra raja dari bali yang dahulunya melarikan diri di kota banyuwangi karena di kejar musuh – musuhnya, dan saat ketika putra raja tersebut terbunuh saat melarikan diri, dia menjelma renkarnasi menjadi perkutut atau dinamakan sebagai perkutut songgo ratu.

Tanda atau ciri utama dari perkutut songgo ratu adalah bentuk fisik pada kepala jambul, paru dan kaki bewarna gelap.

Jenis perkutut bertuah ini juga memiliki habitat aneh yang disukai yaitu pada area yang sepi seperti goa, kuburan, rumah angker dan sebagainya.


Perkutut Songgo Ratu - jenis perkutut bertuah


3. Perkutut Lurah
Jenis perkutut bertuah yang mendatangkan kewibawaan bagi pemiliknya seperti juragan yang dihormati. Burung ini adalah burung yang aneh bila dilepaskan di habitat liarnya, burung ini tidak mencari makan melainkan disuapi oleh burung lain sejenisnya, seperti layaknya bos yang memiliki bawahan.

Perkutut bertuah ini biasa disebut sebagai perkutut lurah yang dapat mendatangkan rejeki dan kewibawaan.
Ciri bentuk fisiknya adalah dada bewarna keputih – putihan disertai bagian atasnya loreng – loreng seperti kulit ular.


Perkutut Lurah - jenis perkutut bertuah


4. Perkutut Daringan
Merupakan jenis perkutut bertuah yang mendatangkan rejeki pada istri dan suami, pada primbon jawa jenis perkutut daringan juga memiliki makna sendiri pada ciri fisiknya yaitu pada leher yang bergaris garis tanpa putus.

Garis tanpa putus melambangkan rejeki yang tidak akan putus hingga 7 keturunan dari seorang istri maupun suaminya.

Image result for perkutut daringan
Perkutut Daringan - jenis perkutut bertuah


5. Perkutut Putih
Jenis perkutut bertuah lainnya adalah perkutut putih, perkutut ini dahulunya memiliki sejarah sendiri pada jaman kerajaan majapahit. Perkutut tipe ini hanya dipelihara oleh sang raja atau pimpinan bawahan raja.

Dalam pasaran perkutut putih ini memang sangat langka, dan harganya pun tidak semurah perkutut lainnya, sehingga banyak mitos jawa menandakan barang siapa yang memelihara burung perkutut putih maka dia akan kaya hingga burung tersebut meninggal.

Image result for perkutut putih
Perkutut Putih - jenis perkutut bertuah




Sumber: http://injenisburung.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar