Rabu, 08 Juli 2015

Jenis Burung Cendet

Burung Pentet yang kita kenal dan sering kita jumpai memang ada beberapa jenis sehingga Pentet Mania pun memberikan istilah yang berbeda bagi burung tersebut karena tidak ada standardnya. Agar memiliki kesamaan satu dan lainnya ada yang menyebut Pentet Lokal untuk Pentet Jatim dengan tampilan hitam yang hanya separo atau non kepala hitamgimana dengan burung pentet yang hitamnya full atau hitamnya hanya sedikit diatas mata? kali ini Cendet Jatim ingin mengulas lebih rinci lewat gambar gambar koleksinya.




Padahal kata "lokal" menunjukkan orang pribumi yang menyebutkan burung yang lahir di daerahnya, demikian pula orang Madura akan menyebut Pentet Madura sebagai Pentet Lokal karena Pentet Madura lahirnya di tanah Madura. 

Okelah sekarang saya tidak ingin membahas tentang daerah yang saya kwatirkan akan menimbulkan konflik SARA. istilah lokal maupun madura menjadi tidak begitu penting bagi Pentet Mania, karena burung yang juara akan dihasilkan oleh perawat yang sabar dan konsisten merawat burung Pentet, bukan dari asal  muasal daerahnya.

Bagi saya dan pecinta burung pentet yang telah lama bergelut di dunia pentet beberapa istilah berikut ini yang pantas untuk menyebutkan Jenis Pentet, yaitu :
  • Pentet Gondrong/Ngupluk/Blangkon yaitu Pentet Kepala Hitam yang hitam dikepalanya sangat banyak full di atas kepala bahkan sampai ke lehernya.
  • Pentet Semi yaitu pentet yang hitamnya hanya diatas kepala tidak sampai ke leher
  • Pentet Zoro/Pilis yaitu pentet yang hitam dikepalanya hanya sampai di alis
  • Pentet Albino yaitu burung pentet yang memiliki bulu secara keseluruhan berwarna putih, paruh berwarna putih kemerahan (pink), kaki juga berwarna bersih, karena pentet pada umumnya memiliki kaki dan paruh berwarna hitam. Pemalsuan atau penyemiran tidak mungkin dilakukan pada kaki dan paruh. ini adalah jenis pentet yang langka.

Cendet Blangkon/Gondrong

Cendet Zoro / Peles

Cendet Semi
Pentet Albino

Dengan penamaan Jenis Pentet diatas tentu saja membantah penamaan jenis pentet berdasarkan daerah baik madura, jatim, jateng maupun jabar. Namun berdasarkan asal muasal atau tanah kelahiran anda bisa menanyakan pada pemilik burung pertama kalinya. hendaknya anda tidak mempermasalahkan asal muasal burung tersebut bila anda adalah Pentet Mania atau Cendet Mania.

Bagi saya tidak ada nilai minus dari masing-masing Pentet maupun asalnya karena kualitas burung sangat ditentukan oleh perawatan yang baik. Semoga dengan artikel acak-acakan ini bisa meluruskan dilema yang selama ini terjadi di antara pecinta burung Cendet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar